5 Teratas PTS Unggulan Dari Daftar 50 Kampus Terbaik di Jakarta

Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 3 telah merilis 50 perguruan tinggi swasta terbaik di wilayah metropolitan Jakarta untuk tahun 2020, berdasarkan data Klasterisasi Perguruan Tinggi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang dirilis pada pertengahan Agustus 2020. 

“Perlu ditekankan bahwa klasterisasi ini bukanlah pemeringkatan. Klasterisasi adalah tentang peningkatan kinerja setiap perguruan tinggi secara berkelanjutan. Prof Agus juga memuji enam perguruan tinggi DKI Jakarta yang berada di Klaster 2 Nasional. “Sedikit demi sedikit PTS di LLDikti Wilayah III mulai berlari kencang untuk bersaing di kancah internasional. 

Kami akan terus mendorong dan membimbing PTS lainnya untuk meningkatkan kualitasnya dengan terus melakukan pemutakhiran data PD Dikti”, tambahnya. Prof Agus juga mengungkapkan bahwa dari 2.136 perguruan tinggi, sebanyak 197 perguruan tinggi akademik (non-kedinasan) di lingkungan LLDikti Wilayah III masuk dalam daftar klasterisasi.

Daftar 5 Teratas Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Simak lima urutan tempat kuliah swasta yang saya sebutkan dibawah ini dengan seksama dan dapat kalian jadikan referensi juga ya , yaitu sebagai berikut : 

  • Universitas Bina Nusantara (skor  2.268)
  • Universitas Trisakti (skor 2.261)
  • Universitas Tarumanagara (skor 2.166)
  • Universitas Mercu Buana (skor 2.152)
  • Universitas Katolik Atma Jaya (skor 2.125)

Indikator Penilaian

Selain pengelompokan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat peringkat perguruan tinggi berdasarkan empat indikator evaluasi berikut:

Indikator Input 

Secara khusus, hal ini mencakup proporsi pemegang gelar PhD, jumlah dosen dan profesor, rasio mahasiswa-dosen, jumlah mahasiswa internasional, dan jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi.

Indikator Proses

Meliputi akreditasi universitas dan program studi, kerja sama antar universitas, pembelajaran online, implementasi Kampus Merdeka dan kelengkapan laporan.

Indikator Output

Hal ini mencakup penilaian terhadap jumlah publikasi akademik, hasil penelitian, jumlah mahasiswa, dan jumlah program studi yang terakreditasi internasional.

Indikator Outcome

Hal ini mencakup ukuran kinerja inovasi, jumlah lulusan yang dipekerjakan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen dan kinerja pengabdian masyarakat.

 

Nah itu tadi adalah artikel yang saya rangkum dan tulis dari beberapa sumber tentang daftar 5 PTS teratas yang masuk dalam daftar 50 PTS terbaik di jakarta pada tahun ini semoga bermanfaat dan dapat menjadi jalan keluar untuk kalian yang sedang mencari tempat kuliah swasta ya, Terimakasih dan selamat mencoba.