Istilah-istilah Rumit Pada Ebilling Pajak Yang Wajib Diketahui!

Ebilling pajak merupakan cara pembayaran pajak dengan menggunakan koneksi internet yang sangat memudahkan bagi wajib pajak. Jika bayar pajak dan lapor SPT harus mengunjungi kantor pajak terdekat,  di zaman yang serba canggih seperti sekarang di …

Ebilling pajak merupakan cara pembayaran pajak dengan menggunakan koneksi internet yang sangat memudahkan bagi wajib pajak. Jika bayar pajak dan lapor SPT harus mengunjungi kantor pajak terdekat,  di zaman yang serba canggih seperti sekarang di mana semua pembayaran bisa dilakukan secara digital.

Pembayaran dengan e-billing pajak ini memang merupakan inovasi pemerintah untuk membantu wajib pajak lebih mudah bayar pajak. DJP pajak memberikan fasilitas berupa website untuk tempat pembayaran dan pelaporan pajak. Tidak hanya website DJP online resmi saja Anda juga bisa menggunakan aplikasi perpajakan yang bermitra resmi dengan DJP pajak.

Istilah-Istilah Pada Ebilling

Mungkin ada beberapa orang yang masih belum memahami tentang ebilling. Nah disini akan dijelaskan beberapa istilah-istilah dalam kegiatan pembayaran pajak e-billing yang cukup rumit.

  • Biller, merupakan unit Eselon I di bawah pengawasan Kementerian Keuangan RI yang tugasnya mengelola sistem billing dan juga menerbitkan kode billing pada pembayaran e billing pajak.
  • Billing system, merupakan metode pembayaran pajak secara elektronik dimana didalamnya terdapat fitur e-billing dan pembayaran menggunakan kode billing.
  • Kode billing, merupakan kode identifikasi lewat sistem billing atau jenis pembayaran dan juga setoran yang akan dilakukan oleh wajib pajak. Kode billing akan menjadi sebuah acuan para blogger untuk membuat faktur pajak wajib pajak.
  • Bank atau kantor pos persepsi, merupakan tempat untuk menerima setoran penerimaan negara. Keduanya berperan sebagai sistem penerimaan negara menggunakan surat setoran elektronik atau SSE.
  • BPN, merupakan singkatan dari bukti penerimaan negara di mana bentuknya dalam sebuah dokumen yang diterbitkan oleh bank atau kantor pos persepsi. BPN ini adalah tanda bukti yang sah ketika anda sudah membayar pajak kepada negara dan bisa menjadi bukti hukum, ketika anda mendapatkan masalah pada saat pembayaran pajak yang lalu atau masa yang akan datang.
  • NTPN, adalah singkatan dari nomor tanda bukti pembayaran atau disebut juga penyetoran ke kas negara yang tertera pada BPN. NTPN ini diterbitkan langsung oleh sistem settlement yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
  • Nomor Transaksi Pos atau Bank Persepsi, NTB merupakan nomor bukti transaksi penyetoran penerimaan negara yang diterbitkan bank persepsi. Sementara NTP merupakan nomor transaksi pos yang tentu saja menjadi nomor bukti transaksi penyetoran penerimaan negara yang diterima oleh pos persepsi.

Pembayaran Pajak Dengan E-billing

Saat bayar pajak dengan e-billing online tentu saja Anda membutuhkan yang namanya kode billing. ID billing ini bisa anda dapatkan dari e-billing yang merupakan fitur yang ada di aplikasi, salah satunya Anda bisa menggunakan aplikasi Klikpajak.

Metode pembayaran pajak dengan e-billing terkesan lebih efisien karena saat pembayaran pajak apalagi untuk pajak badan tentu banyak dokumen-dokumen dan hal yang harus dipersiapkan. Untuk para pengusaha tentu fokusnya tidak hanya pada pajak saja tapi fokus utama merupakan cara untuk bertahan dan mengembangkan perusahaan yang ditekuni. Untuk itu Klikpajak hadir sebagai solusi bagi anda untuk membayar pajak dan melakukan pelaporan tepat waktu.

Klikpajak sendiri adalah aplikasi pengelolaan pajak yang sudah resmi dan menjadi salah satu ASP atau application service provider dari DJP. Aplikasi ini bisa digunakan siapa saja baik pribadi atau badan dan mudah diakses secara online. Menariknya lagi aplikasi pajak ini, tidak perlu di lakukan penginstalan atau download patch karena anda bisa akses langsung lewat web browser.

Aplikasi memudahkan anda untuk penghitungan pajak secara otomatis, bayar pajak, lapor pajak sampai ke pembuatan e-faktur. Aplikasi Klikpajak juga memungkinkan anda untuk menyimpan seluruh laporan dan bukti perpajakan lewat fitur arsip pajak. Arsip ini sangat memudahkan bagi Anda yang ingin mengetahui bukti perpajakan pada periode sebelumnya.

Jika terjadi sesuatu yang membutuhkan bukti-bukti pembayaran pajak di periode sebelumnya, Anda tinggal mengambil file tersebut atau dokumen pada arsip. File pajak di arsip ini tentu saja bisa anda cetak dengan mudah secara mandiri tanpa perlu mengunjungi KPP terdekat. Klikpajak hadir untuk Anda secara gratis. Bisa juga berlangganan aplikasi dengan fitur-fitur tambahan selain ebilling, yang lebih memudahkan lagi untuk kegiatan perpajakan dengan biaya yang terjangkau. Anda bisa langsung kunjungi klikpajak.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai cara berlangganan aplikasi ini.